Delay On Relay || Delay OFF Relay || Mengatasi NC dan Com Relay saat awal

 

Kali ini kita akan membahas mengenai modul relay delay seperti di bawah ini ya 

Link Beli

Modul relay ini menggunakan ic ne555 sebagai timernya (0~10 detik). Untuk mengatur delay/jeda on off relay ini tinggal putar potensio yang ada di modulnya. Seperti kebanyakan relay pada umumnya, relay pada modul ini memiliki pin NC, COM, dan NO sehingga modul ini dapat digunakan sebagai modul delay ON dan delay OFF.

Untuk tegangan supply sendiri, di pasaran tersedia 3 varian tegangan yang didukung oleh modul ini, yaitu tegangan 5V, 12V, dan 24V. Oh iya, modul relay delay ini aktif tanpa trigger ya.., maksudnya jika modul diberikan tegangan supply, modul akan langsung aktif/berfungsi, dan tidak cycling ya.

Wiring

 

Note

  • Delay ON : Saat modul aktif, beban/output tidak akan tersambung (off) dalam waktu tertentu sesuai waktu yang telah diset, saat timer sudah selesai berjalan, beban/output akan tersambung (on)
  • Delay OFF : Saat modul aktif, beban/output langsung akan tersambung (on) dalam waktu tertentu sesuai waktu yang telah diset, saat timer sudah selesai berjalan, beban/output akan terlepas (off)

Problem yang muncul

Seperti Relay pada umumnya, relay pada modul ini memiliki 3 pin output yaitu NC, COM, dan NO yang pada kondisi defaultnya NC tersambung dengan pin COM nya seperti gambar di bawah ini. Sehingga jika modul relay difungsikan untuk delay ON akan muncul sedikit masalah yaitu saat awal modul aktif, output akan ON untuk beberapa milidetik (cek video di bawah). Untuk beberapa sistem, mungkin hal ini tidak akan menjadi masalah, namun untuk beberapa sistem yang locking hal ini akan menjadi masalah karena output akan terdeteksi aktif sejak awal supply diberikan padahal sistem membutuhkan delay ON (output akan aktif beberapa detik setelah diberikan tegangan input).



 Nah, lalu bagaimana cara mengatasinya?

Solusinya sangat simple, cukup dengan menggunakan resistor dan kapsitor untuk mendelay contact COM dan NC nya. Pada dasarnya solusi ini menggunakan prinsip dasar mendelay tegangan yang keluar di output beban menggunakan komponen RC.

Wiring

 


Video


Comments