Relay Timer / Relay Cycle (Cara Seting, Mode dan Fitur, Contoh Rangkaian)



Modul Relay yang akan dibahas disini adalah relay seperti gambar di bawah ini ya


Sebelum masuk ke penjelasan mode dan cara seting, kita bahas dulu mengenai pertanyaan-pertanyaan yang sering sekali ditanyakan.

Apakah setingan tetap tersimpan saat power dimatikan?
          Tersimpan. Setingan yang telah diset akan tersimpan saat power mati dan kemudian dinyalakan lagi

Bisa digunakan untuk mengontrol beban 220V AC? 
          Bisa. Spek relay yang terdapat di modul 250VAC 10A / 14VDC 20A

Berapa tegangan input triggernya?
       12V DC. Sinyal masukan untuk mengaktifkan relay 12V DC. Jika diberi sinyal dibawahnya (misal 5V dc, modul tetap bisa menyala namun fungsi relay tidak dapat digunakan)

Jika ada pertanyaan yang lainnya yang belum dibahas disini bisa langsung komen di bawah saja ya

Spesifikasi

 Cara Seting dan Penjelasan Fitur/Mode


 

Saat pertama kali dinyalakan, tampilan display menunjukkan angka (baik pada baris pertama T1, maupun baris kedua T2). Angka-angka ini merupakan waktu jeda yang akan digunakan. Terdapat 3 setingan nilai jeda waktu pada modul ini yaitu

  1. Nilai angka mewakili detik. Misal display menunjukkan angka 10 artinya 10 detik.
  2. Nilai angka mewakili menit. Misal display menunjukkan angka 7 artinya 7 menit.
  3. Nilai angka mewakili jam. Misal display menunjukkan angka 999 artinya 999 jam.
Untuk menyeting waktu kita bisa masuk ke mode seting dengan cara tekan tahan tombol SET selama 6 detik. Maka pada display akan tampil P0 (pada baris ke-1) dan 0/1/2 (pada baris ke-2). Untuk mengubah angka 0/1/2 cukup tekan tombol up/down pada modul. Nah angka 0/1/2 pada baris ke-2 ini yang menunjukkan setingan nilai waktunya dengan arti

  • angka 0 (P0 -- 0)
          jeda waktu bernilai detik
  • angka 1 (P0 -- 1)
         jeda waktu bernilai menit
  • angka 2 (P0 -- 2)
         jeda waktu bernilai jam

Untuk memilih mode operasi dari timer, masuk ke mode seting seperti cara sebelumnya dan tekan tombol SET hingga tampilan pada display menunjukkan P1 (pada baris ke-1) dan 0/1/2/3/4/5 (pada baris ke-2). Untuk mengubah pilihan mode 0/1/2/3/4/5 tekan tombol up/down. Berikut penjelasan dari masing-masing mode.

P1 -- 0
Saat modul aktif, Relay pin K0-K1 terputus/tidak tersambung/OFF selama waktu T1 kemudian akan tersambung/connect/ON (hanya sekali/tidak berulang).

P1 -- 1
Saat modul aktif, Relay pin K0-K1 tersambung/connect/ON selama waktu T1 kemudian akan terputus/tidak tersambung/OFF (hanya sekali/tidak berulang).

P1 -- 2
Saat modul aktif, Relay pin K0-K1 terputus/tidak tersambung/OFF selama waktu T1 kemudian K0-K1 tersambung/connect/ON selama T2, kemudian display akan menunjukkan tampilan 00 dengan kondisi K0-K1 terputus/tidak tersambung/OFF (tidak berulang).

P1 -- 3
Saat modul aktif, Relay pin K0-K1 tersambung/connect/ON selama waktu T1 kemudian K0-K1 terputus/tidak tersambung/OFF selama T2, kemudian display akan menunjukkan tampilan 00 dengan kondisi K0-K1 tersambung/connect/ON (tidak berulang).

P1 -- 4
Saat modul aktif, Relay pin K0-K1 terputus/tidak tersambung/OFF selama waktu T1 kemudian K0-K1 tersambung/connect/ON selama T2, dan akan berulang OFF selama T1 dan ON selama T2 selama modul aktif.

P1 -- 5
Saat modul aktif, Relay pin K0-K1 tersambung/connect/ON selama waktu T1 kemudian K0-K1 terputus/tidak tersambung/OFF selama T2, dan akan berulang ON selama T1 dan OFF selama T2 selama modul aktif.

Setelah parameter setingan diubah sesuai yang diinginkan, tinggal tunggu sekitar 3 detik atau sampai display menunjukkan angka, maka otomatis setingan akan tersimpan. 

Contoh Mengontrol Lampu 220V AC menyala selama 4 jam kemudian mati selama 8 jam dan berulang.
Rangkaian
 Setting parameter
 P0 -- 2
 P1 -- 5 

Comments